Gebrak Potensi Wisata Religi Desa Jogosimo dengan Semarak Kemerdekaan

Jogosimo 3

Jogosimo – Setalah beberapa kurun waktu tidak melaksanakan upacara terbuka bersama masyarakat, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke-79, akhirnya kembali digelar upacara terbuka bersama masyarakat, elemen desa, Tokoh Agama, Instansi Pendidikan, organisasi masyarakat dan tentu saja Mahasiswa KKN IAINU Kebumen.

Pada kesempatan ini, mahasiswa KKN IAINU juga turut menjadi petugas upacara di Lapangan Gunung Malang Jogosimo.

Jogosimo 4

Sebagai Desa Wisata yang memiliki potensi wisata religi, bertepatan dengan momentum hari bersejarah Indonesia, seluruh masyarakat yang terlibat dalam upacara di Jogosimo melanjutkan kegiatan ziaroh ke makam para sesepuh, para pejuang tepatnya di Makam Ganjur yang berjarak 500m dari lokasi upacara.

Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur sekaligus sebagai tanda penghormatan bagi para pejuang yang telah gugur mendahului.  Selain itu, hal tersebut juga sebagai gebrakan peningkatan potensi wisata religi yang ada di Desa Jogosimo.

Jogosimo 1

Memang perlu dikenalkan kepada masyarakat luas bahwa di Desa jogosimo ada makam para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI. Kegiatan ini diharapkan menjadi rutinan tidak hanya dalam setiap memperingat hari besar saja.