Selaras dengan Program Pemerintah, Paket Desa Wisata Menjadi Salah Satu Program Unggulan KKN IAINU Kebumen

Kenojayan 5

Kenojayan – Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H., M.H. hadiri Prosesi Penyerahan Surat Keputusan (SK) Desa Wisata Kenojayan. SK tersebut diserahkan langsung dari Bupati kepada Kepala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kenojayan, Martono beserta seluruh Kepala Pokdarwis Se-Kabupaten Kebumen.

Penyerahan SK tersebut merupakan tindak lanjut dari program yang diterima oleh Pokdarwis sebagai bentuk komitmen dalam menunjang kegiatan Paket Desa Wisata Kenojayan yang akan disediakan.

Kenojayan 6

Hal tersebut selaras dengan program yang dibawa oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari IAINU Kebumen, yaitu mengimplementasikan sebuah produk untuk mengembangkan sektor pariwisata. Salah satunya adalah pengembangan Paket Desa Wisata.

Turut hadir juga dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pejabat Forkompinda, Mas Mbah Duta Wisata Kebumen, Pokdarwis Se-Kebumen, dan masyarakat sekitar yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Kenojayan, Kecamatan Ambal, Kebumen (8/8).

Kenojayan 7

Program tersebut tentu saja disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat sekitar dan Pokdarwis. Dengan adaya Paket Desa Wisata diharapkan akan memberikan peningkatan kualitas dari setiap Desa Wisata. Mengingat Kabupaten Kebumen merupakan Kabupaten yang berpotensi mendatangkan wisatawan. Kedepan harapannya tidak hanya wisatawan lokal yang mampir, namun juga wisatawan internasional.

Arif Sugiyanto menuturkan “harapannya desa yang telah mendapatkan SK Desa Wisata dapat melakukan program Paket Wisata yang berpotensi meningkatkan wisatawan dan pemerataan ekonomi”.