Dukung Terwujudnya Halal Tourism, KKN IAINU Adakan Sertifikasi Halal dan Menggerakkan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Karangduwur

Karangduwur 2

Karangduwur – Menuju Kabupaten Kebumen sebagai destinasi wisata halal, mahasiswa KKN IAINU terus lakukan kegiatan untuk mendukung terwujudnya Halal Tourism. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Menggerakkan Ekonomi Kreatif dan Sertifikasi Halal (7/8).

Karangduwur 3

Untuk meningkatkan value dan kepercayaan terhadap Wisata Halal, salah satunya adalah tersedianya produk-produk halal yang telah tersertifikasi. Hal tersebut disampaikan oleh Sutono Kepala Desa Karangduwur, Ayah.

Untuk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan ekonomi desa, maka penting sekali adanya sertifikasi halal ini. Karena untuk mendukung perluasan pasar juga.” tutur Sutono

Karangduwur 4

Bertempat di Aula Balai Desa Karangduwur, Ayah, kegiatan ini turut mengundang Akhmad Khanifudin, S.Sos. sebagai Narasumber dari Pendamping Proses Produk Halal Jawa Tengah & DIY sekaligus Fasilitator Daerah Keamanan Pangan dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM RI). Hadir pula Sutono selaku Kepala Desa Karangduwur, PKK Desa Karangduwur, dan Fatayat NU Ranting Karangduwur.

Dalam paparannya, Khanifudin menjelaskan terkait Regulasi Halal di Indonesia, Sertifikasi Halal, dan Kemasan Pangan.

Karangduwur 1

Selain membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang berguna. Dari kegitan Sosialisasi Kewirausahaan yang mengangkat tema “Gerakan Ekonomi Kreatif Di Desa Wisata dan Sertifikasi Halal”, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar, mendorong inovasi serta pengembangan usaha baru, dan memperkuat daya tarik desa wisata.

… dengan program sertifikasi halal harapannya mampu menambah nilai produk dan membuka akses ke pasar yang lebih luas“, pungkas Irfan selaku Ketua KKN Desa Karangduwur, Ayah.